Mata Lelah

Bahan Alamiah untuk Kompres Mata Lelah


Kulit di area mata sangat tipis dan sensitif, sehingga cepat panas saat anda sedang lelah dan stress atau saat sedang diet yang kurang sempurna. Obat-obat alamiah, dapat mengurangi kemerahan atau bengkak dengan efek cepat, sama cepatnya dengan memburuknya kondisi kulit di area mata. Sebenarnya banyak solusi sederhana yang ada di dapur anda bisa digunakan untuk mengompres mata dan mengatasi mata lelah, merah, ataupun bengkak.

Berikut ini ada 5 bahan alamiah yang bisa digunakan untuk mengompres mata.

Kantung teh chamomile, Hijau, atau Hitam

Teh chamomile, anti inflamasi alamiah, membantu mengurangi kemerahan dan bengkak di sekitar mata. Teh hijau dan teh hitam mengandung senyawa yang disebut tanin, plus kafein. Tanin memiliki efek zat yang mengecilkan pada kulit dan jaringan yang bengkak, sedangkan kafein untuk mengurangi bengkak.
pembuluh darah

Cara Menggunakan
letakan dua kantung teh chamomile, hijau, atau kantong teh hitam dalam air yang sudah direbus selama tiga menit. Angkat dari air dan letakan di kulkas sampai dingin. Letakan satu kantung di setiap mata dan rileks selama 15 menit.

Sendok Dingin

Dalam hal ini, suhu dingin dari sendok logam bisa menarik pembuluh darah, yang membantu mengurangi kemerahan dan bengkak di daerah mata.

Cara Menggunakan
Taruh empat sendok logam dalam segelas air es. Setelah sendok dingin, gunakan sendok itu untuk mengkompres, letakan sendok pada masing-masing mata dengan posisi mengikuti bentuk mata. Kalau sendok sudah berasa agak hangat, ganti dengan sendok yang masih dingin.  Lanjutkan proses ini sampai pembengkakan mereda.

Susu Dingin

Seperti dengan metode sendok, suhu adalah kuncinya.  Susu dingin menarik pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan. Lemak dalam susu menenangkan kulit kering atau kulit yang teriritasi.

Cara Menggunakan
Tuangkan susu dingin ke dalam mangkuk kecil dan rendam dua bola kapas didalamnya. Kemudian peras bola kapas sedikit dan letakan di masing-masing mata. Setelah kapas terasa hangat, rendam kembali di dalam susu dan kembali taruh di mata. Ulangi sampai 15 menit.

Potongan Ketimun

Obat klasik untuk bengkak, mata iritasi, ketimun mengandung asam askorbat (vitamin C) dan asam caffeic, yang baik untuk membantu mengurangi pembengkakan.

Cara Menggunakan
Letakan dua irisan mentimun di kulkas agar dingin. Setelah dingin, letakan di kedua mata dan rilekslah selama 10 sampai 15 menit.

Putih Telur

Putih telur bertindak sebagai zat yang dapat mengecilkan pori-pori, membuat kulit anda tampil lebih kencang dan halus. Putih telur juga tinggi vitamin B2 atau riboflavin, yang berhubungan dengan perbaikan sirkulasi.

Cara Menggunakan
pecahkan dua butir telur dan oleskan putihnya ke bawah mata dengan kuas. Biarkan sampai kering selama sekitar 15 menit, bilas dengan air secukupnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s