Lulur

Tips Memilih dan Menggunakan Lulur


Luluran merupakan salah satu cara ‘menyakiti’ diri sendiri, yang bila dilakukan dengan bahan yang benar, malah akan memberikan efek yang luar biasa bagi kulit. Lulur memberikan keajaiban pada kulit yang kering, bersisik dan dehidrasi. Selain itu, lulur juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati, kotoran, membuat kulit tampak lebih cerah. Kulit yang bersih akan mempermudah penyerapan produk-produk lainnya seperti lotion sehingga hasilnya akan lebih bagus.

Namun semua scrub atau lulur yang ada di pasaran tidaklah sama. Banyak elemen warna, parfum serta bahan kimia yang ditambahkan. Untuk itu, kita harus pintar memilih sehingga tidak memilih produk lulur yang salah.

Nah, berikut ini adalah panduan untuk memilih dan menggunakan lulur yang sehat:

UNTUK MUKA

Disarankan: scrub yang lembut seperti gula halus, jojoba, dedak atau almond.  Oats dan madu untuk menenangkan kulit yang stress. Biji anggur yang dihancurkan untuk tambahan antioksidan bagi kulit berminyak, jangan gunakan untuk kulit yang berjerawat.

Hindari: bahan yang sangat kasar seperti garam laut, apricot, walnut yang kasar bagi kulit.

Tips : banyak lulur yang memiliki essential oil dengan bau serta fungsi berbeda. Bunga geranium misalnya, sangat ideal untuk mengencangkan dan menyegarkan kulit, chamomile  cocok untuk menenagkan kulit yang sensitive, sage untuk kulit yang berjerawat, dan lemon untuk member tenaga. Jadi jika lulur anda mengandung essential oil, diamkan lulur selama 5 menit hingga essential oilnya bisa meresap ke dalam kulit. Gunakan lulur dengan hati-hati jika kulit anda berjerawat atau terbakar, Mulailah dengan tekanan lembut pada kulit dan hindari menggosok kulit jika anda merasa tidak nyaman. Lakukan scrub hanya sekali dalam seminggu.

UNTUK BADAN

Disarankan: lulur yang memiliki butiran scrub yang banyak sehingga mempercepat proses exploiting atau pengelupasan seperti garam laut yang kasar dan gula mentah, kacang yang dihancurkan, bubuk kopi, bubuk bambu, bubuk tongkol jagung.

Hindari : penggunaan scrub pada kulit yang iritasi, sensitive, dan setelah bercukur.

Tips: Ambil dua sendok makan scrub dan gosok secara melingkar, mulai dari tubuh bagian bawah lalu naik. Biasakan untuk membersihkan diri dulu sebelum luluran, tapi jangan bercukur terlebih dahulu.  Produk dengan bau parfum keras juga bisa menganggu serta membuat anda muntah di kamar mandi. Pilihlah lulur dengan tambahan essential oil lavender, mint, citrus ataupun kemangi yang bisa merefresh tanpa berlebihan.

UNTUK BAGIAN-BAGIAN TUBUH SANGAT KASAR

Disarankan: bahan kasar seperti kenari, kacang yang dihancurkan, garam atau gula yang sangat kasar. Lulur yang bisa menempel dengan tebal pada siku, kaki dan lutut.

Hindari: Lulur yang mengandung banyak minyak karena licin hingga scrub anda tidak akan banyak berguna. Gula atau jojoba yang tidak cukup kasar untuk menghaluskan bagian-bagian paling kasar di tubuh.

Tips: Coba berlama-lama di kamar mandi, atau mandilah terlebih dahulu sebelum menyerang bagian tubuh kasar anda dengan scrub  garam atau gula. Gunakan batu apung untuk menggosokan scrub ke tubuh anda. Gunakan lebih banyak scrub bila diperlukan, dan scrub bisa dilakukan lebih dari sekali dalam seminggu khusus untuk daerah-daerah kasar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s