Pembuluh Darah Manusia

Pembuluh darah manusia terdiri atas pembuluh nadi (arteri), pembuluh kapiler, dan pembuluh batik (vena). Apakah perbedaan ketiga pembuluh darah tersebut?
Pembuluh nadi berfungsi mengalirkan darah keluar dari jantung. Pembuluh ini berdinding tebal, kuat, dan elastis. Denyutnya dapat dirasakan jika kamu memegang pangkal pergelangan tangan ataupun leher. Berdasarkan ukurannya, pembuluh nadi terbagi menjadi aorta, arteri, dan arteriol. Aorta merupakan pembuluh nadi yang berukuran besar (arteri besar). Darah di aorta dialirkan dari jantung menuju ke seluruh tubuh. Arteri merupakan pembuluh nadi yang dilewati darah meninggalkan jantung. Biasanya, arteri dilalui darah bersih. Arteri merupakan cabang aorta. Adapun arteriol merupakan pembuluh nadi yang berukuran paling kecil.

Manusia mempunyai dua macam pembuluh nadi, yaitu pembuluh nadi tubuh dan pembuluh nadi paru-paru. Pembuluh nadi tubuh berfungsi melewatkan darah yang banyak mengandung oksigen dari bilk kiri ke seluruh tubuh. Adapun pembuluh nadi paru-paru berfungsi melewatkan darah yang mengandung banyak karbon dioksida dari bilik kanan ke paru-paru.

Bagaimanakah dengan pembuluh balik? Pembuluh balik atau vena berfungsi membawa darah menuju jantung. Pembuluh ini terletak di dekat permukaan tubuh dan tampak kebiru-biruan. Dinding pembuluh ini tipis dan tidak elastis serta memiliki katup berpasangan di sepanjang pembuluhnya. Katup berfungsi menjaga tekanan darah dan arah aliran darah. Pembuluh balik bercabang-cabang membentuk pembuluh yang berukuran lebih kecil yang dinamakan venula.

Pembuluh balik terdiri atas pembuluh balik tubuh dan pembuluh balik paru-paru. Pembuluh balik tubuh datang dari seluruh tubuh menuju jantung melalui serambi kanan. Pembuluh ini mengandung sedikit oksigen, tetapi banyak mengandung karbon dioksida. Darah dari tubuh bagian atas dan kedua tangan akan berkumpul di pembuluh balik besar atas (vena cava superior). Adapun darah dari tubuh bagian bawah berkumpul pada pembuluh balik besar bawah (vena cava inferior).

Pembuluh batik paru-paru adalah pembuluh yang melewatkan darah dari paru-paru menuju serambi kiri jantung. Pembuluh ini melewatkan darah yang banyak mengandung oksigen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s