Manfaat vitamin Untuk Kulit

Vitamin Untuk Kesehatan Kulit.

Posted on Januari 9, 2012. Filed under: Health |

Manfaat Vitamin Untuk Kesehatan Kulit.

Pada intinya semua vaitamin baik untuk tubuh, namun pemakaiannya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Konsumsi yang berlebihan akan menyebabkan vitamin menjadi racun.Vitamin merupakan antioksidan dan juga berfungsi sebagai enzim yang membantu proses metabolisma. Dalam hal ini vitamin bertindak sebagai enzim yang mempercepat proses metabolisma. Metabolisma yang sempurna akan dihasilkan oleh tubuh, jika tersedia vitamin yang cukup. Baik vitamin yang larut dalam air maupun yang larut dalam lemak. Ada beberapa vitamin yang dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan kulit.

Manfaat Vitamin A.

Vitamin A sudah sejak lama diketahui oleh masyarakat sebagai vitamin yang dapat memelihara kesehatan mata dan melindungi selaput lendir di saluran pernapasan. Namun sebenarnya vitamin A juga sering diberikan untuk pengobatan jerawat yang sudah tergolong berat.  Dalam pemakaiannya, vitamin A biasa dikombinasikan dengan jenis perawatan lain.  Jika tubuh benar-benar kekurangan vitamin A, maka dapat timbul berbagai keluhan pada kulit.

Kebutuhan Vitamin A dalam tubuh dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Beberpa makanan yang mengandung sumber vitamin A adalah: susu, hati, sayur bayam, wortel, kol, dan tomat,

Manfaat Vitamin B.

Vitamin B tidak berdiri sendri, namun merupakan gabungan dengan vitamin yang lain, seperti B1, B2, B6, B12, asam pantotenat, asam folatbiotin dan niasin. Fungsi utama dari Vitamin ini adalah untuk memperlancar kerja system pusat saraf. Tapi secara umum dapat diberikan untuk perawatan organ mata dan kelenjar gondok.

Makanan dari nabati yang mengandung vitamin B diantaranya makanan biji-bijian seperti beras dan gandum atau sayuran berwarna hijau. Sedangkan hewani yang mengadung sumber vitamin B diantaranya daging sapi, hati sapi,

Manfaat Vitamin C.

Vitamin C merupakan vitamin yang memiliki  zat antioksidan dan dikenal sebagai vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta anti-aging yang baik untuk perawatan kulit. Laju penuaan dapat diperlambat dengan adanya vitamin C. Selain itu vitamin ini sangat penting dalam pembentukan sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh. Vitamin C mampu mempercepat proses recoveri luka, termasuk jerawat. Untuk penyembuhan jerawat yang sangat berat, vitamin C sering dikombinasikan dengan vitamin A.

Kebutuhan vitamin C dapat dipenuhi dari makanan buah-buahan seperti: Jeruk, tomat, sirsak, dan sebagian besar sayur-sayuran seperti bayam dan brokoli.

Manfaat Vitamin D.

Vitamin D lebih dikenal masyarakat sebagai vitamin untuk pemeliharaan tulang. Secara alami tubuh memiliki kemampuan untuk memproduksi vitamin D. Tubuh dapat menghasikan vitamin D dengan bantuan Sinar matahari. Makanan seperti susu, minyak ikan dan makan biji-bijian merupakan sumber vitamin D.

Manfaat Vitamin E.

Vitamin E merupakan vitamin yang dapat mencegah terjadinya oksidasi dalam proses metabolisma lemak, terutama lemak tak jenuh. Vitamin E yang dikombinasikan dengan Vitamin C merupakan antioksidan yang mampu melindungi struktur organ tubuh dari kerusakan. Sumber vitamin E dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan seperti, biji-bijian, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s