Rangkuman Jenis Teks Bahasa Inggris

Biasanya teks itu digolongkan jadi berbagai jenis alias tipe (type) dan sering juga disebut genre layaknya lagu. Sebagai siswa , kita wajib mengenal teks , review, explanation, discussion,  (terbagi jadi dua kelompok: hortatory  dan analytical ), news item dan procedure.

Klasifikasi teks ini dibuat berdasarkan beberapa elemen dari teks tersebut yang meliputi tujuan penulisan teks, sistematika penulisan (biasa disebut generic structure) paragraf-paragrafnya dan aspek gramatikal lainnya yang digunakan penulis untuk membangun tulisan/teksnya.

Silakan simak berbagai jenis teks dalam bahasa Inggris yang dirangkum dalam tabel berikut:

Genre
Purpose (tujuan)
Generic Structure (sistematika tulisan)
Penjelasan
To entertain the readers, atau to amuse the readers.
  1. Orientation (a setting of characters, a plot)
  2. Complication (problems are arising)
  3. Resolution (solution of problems)
  4. Re-orientation (a closing remark, optional)
  1. Cerita atau dongeng dapat berbentuk fable atau folktale, biasanya fiksi
  2. Ada konflik atau permasalahan yang dihadapi oleh tokoh cerita
  3. Menggunakan past tense(dominannya)
  4. Sering berisi kalimat langsung & tidak langsung
Recounts To tell the readers what happened in the past through a sequence of events.
  1. Orientation (who, what, when, where, how, etc.)
  2. Events (in a chronological order)
  3. Evaluation (comments of writer in personal recounts)
  4. Reorientation (conclusion, tentative in personal )
  1. Cerita masa lampau, biasanya nyata, berupa pengalaman seseorang
  2. Menggunakan past tense(dominannya)
  3. Tidak ada masalah / konflik yang dihadapi tokoh
  4. Menceritakan kejadian secara urut / kronologis
Description To describe a particular person /place/thing.
  1. Identification (special participant)
  2. Description (parts, quality, characteristics)
  1. Mendeskripsikan manusia, benda atau hewan seolah melihatnya
  2. Lebih banyak membahas ciri-cirinya atau fiturnya
  3. Menggunakan simple present tense
Reports To describe the way things are such as a man-made thing, animals, and plants.
  1. General classification (topic such as class or sub-class)
  2. Identification (shape/form, parts, behavior, habitat, way of survival)
  1. Melaporkan sesuatu (makhluk hidup / benda mati / fenomena alam) secara lebih luas
  2. Menggunakan present tense
  3. Membahas beberapa aspek secara garis besar
Discussion To discuss or compare issue elaborated in two points of view before finally get to a conclusion / recommendation.
  1. Issue
  2. pro arguments (ideas and elaborations)
  3. con arguments
  4. Summary
  1. Membahas suatu permasalahan dari dua sudut pandang
  2. Menggunakan present tense
  3. Menyajikan argumen-argumen dari dua sudut pandang
Analytical To persuade by presenting arguments and to analyze or explain ‘how’ and ‘why’
  1. A thesis
  2. Arguments
  3. Reiteration
  1. Membujuk pembaca agar setuju atau sependapat dengan penulis
  2. Membahas suatu permasalahan dari satu sudut pandang saja
  3. Menggunakan present tense
Hortatory To persuade the reader that something should or should not be the case
  1. A thesis
  2. Arguments
  3. Recommendations
  1. Membujuk pembaca agar setuju atau sependapat dengan penulis
  2. Membahas suatu permasalahan dari satu sudut pandang saja
  3. Menggunakan present tense
  4. Memberikan saran atau rekomendasi
Procedure To help readers do a task or make something. They can be a set of instructions/ directions.
  1. Goal (final purpose)
  2. Materials (ingredients, utensils, equipment)
  3. Steps (a set of instructions)
  1. Menjelaskan langkah-langkah melakukan atau membuat sesuatu
  2. Sering dijumpai di resep masakan atau buku petunjuk penggunaan alat
  3. Menggunakan present tense
Explanation To inform readers about an object, with its functions, processes or how it work
  1. Introduction
  2. Sequence(s) of explanation; how and why
  1. Menjelaskan mengapa sesuatu terjadi
  2. Menjelaskan bagaimana terjadinya sesuatu / proses tertentu
  3. Menjawab pertanyaan “How?” dan/atau “Why?”
News item To inform readers/ listeners/viewers about events of the day which are newsworthy/ important.
  1. Newsworthy events (summary)
  2. Background events (cause & details)
  3. Sources (comments of participants, witnesses, authorities & experts)
  1. Menyajikan intisari berita di paragraf pertama
  2. Menyajikan berita penting
  3. Menggunakan past tense
  4. Menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung
Review To criticize an event, art products, books, for readers
  1. Orientation
  2. Evaluations
  3. Interpretative 
  4. summary
  1. Membahas sebuah karya, produk atau acara (kelebihan dan kekurangannya)
  2. Menggunakan present tense
Anecdote To entertain readers with a story/events, that is actual or imaginative.
  1. Introduction / orientation (to set the scene)
  2. Crisis (to provide the details of the events, which lead to climax)
  3. Events (reaction of the person)
  4. Coda (to state the evaluation or reflection or concluding comment)
  1. Menceritakan kembali kejadian atau insiden yang lucu atau ganjil
  2. Dapat berupa kisah nyata atau fiktif
  3. Lebih detail dari , anecdote memiliki penutup (pelengkap cerita)
  4. Memiliki permasalahan yang dihadapi si tokoh
To tell an event with a humorous twist
  1. Orientation (who involved in where, when, and how)
  2. Events (in chronological order)
  3. Twist (the funniest part of story)
  1. Menggunakan past tense
  2. Cerita lucu, biasanya berupa pengalaman
  3. Akhiran yang lucu atau tidak disangka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s