SKL BIOLOGI KELAS 12 IPA TAHUN 2011/2012

SKL BIOLOGI KELAS 12 IPA

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk mata pelajaran Biologi SMA kelas XII sudah ada.  SKLnya sama dengan tahun sebelumnya yaitu 11, sedangkan indikatornya mengalami penambahan, yang sebelumnya 33, menjadi 40, sesuai dengan jumlah soal.  Hal tersebut tentunya akan memudahkan guru dalam pembuatan soal-soal tryout, dan persiapan peserta didik dalam mempelajari soal-soal try out yang menyesuaikan dengan jumlah indikatornya.  Berikut indikator-indikator untuk Biologi:

  1. Mendeskripsikan jenis-jenis keanekaragaman hayati (tingkat gen, sel, jenis, dan ekosistem)
  2. Mendeskripsikan klasifikasi organisme makhluk hidup
  3. Mendeskripsikan peranan sumber daya alam (hewan/tumbuhan) bagi kehidupan.
  4. Mengidentifikasi virus dan atau protista.
  5. Mendeskripsikan peran monera dan atau fungi  bagi kehidupan.
  6. Mengidentifikasi daur hidup tumbuhan lumut dan tumbuhan paku.
  7. Mendeskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan berbiji.
  8. Mendeskripsikan daur hidup Invertebrata.
  9. Mengidentifikasi ciri-ciri hewan Vertebrata.
  10. Mendeskripsikan komponen ekosistem dan perannya bagi kehidupan  di sekitarnya.
  11. Mendeskripsikan proses yang terjadi pada daur biogeolimia.
  12. Mendeskripsikan konsep keseimbangan lingkungan dan pelestariannya.
  13. Mendeskripsikan strukur sel dan atau proses yang terjadi pada sel tersebut.
  14. Mengeidentifikasi organel sel  tumbuhan/hewan beserta fungsinya.
  15. Mengidentifikasi organ pada tumbuhan beserta fungsinya.
  16. Mendeskripsikan sistem gerak otot dan atau tulang pada manusia.
  17. Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia serta gangguannya.
  18. Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia serta gangguannya.
  19. Mendeskripsikan sistem pernafasan pada manusia serta gangguannya.
  20. Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia serta gangguannya.
  21. Mendeskripsikan sistem regulasi pada manusia dan identifikasi gangguannya.
  22. Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia dan identifikasi gangguannya.
  23. Menentukan factor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
  24. Mendeskripsikan jenis-jenis enzim, cara kerja, dan fungsinya dalam metabolisme tubuh
  25. Mendeskripsikan proses respirasi sel (proses katabolisme karbohidrat dan pembentukan energi
  26. Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta tahap-tahapnya.
  27. Mendeskripsikan proses respirasi anaerob beserta contohnya.
  28. Mendeskripsikan susunan nukleotida (DNA, RNA dan kromosom) yang merupakan konsep dasar hereditas.
  29. Menjabarkan tahapan sintesis protein
  30. Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan mitosis dan meiosis pada tumbuhan dan hewan
  31. Mendeskripsikan hasil persilangan monohibrida dan dihibrida
  32. Mendeskripsikan hasil persilangan  pada penyimpangan semu hukum Mendel.
  33. Menginterpretasi pola hereditas pada manusia
  34. Mendeskripsikan peristiwa mutasi beserta contoh-contohnya
  35. Mendeskripsikan prinsip teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
  36. Mendeskripsikan fakta-fakta yang mendukung teori evolusi
  37. Menjabarakan fenomena evolusi dan hubungannya dengan kesetimbangan populasi.
  38. Mengidentifikasi contoh Bioteknologi konvensional dan modern.
  39. Mendeskripsikan peran Bioteknologi.
  40. Menjelaskan dampak Bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan.
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s